Solidaritas Bersama Duduki Wall Street!

Komite Politik SOLIDARITY[1]

October 5, 2011

Occupy (Duduki) Wall Street akan menjadi hal terbaik yang pernah terjadi pada Amerika sejak krisis ekonomi meledak. Pendudukan semakin meluas. Kita bangkit dan melawan balik. Dan kita tunjukkan bahwa cara lain untuk hidup bersama adalah mungkin.

Kita adalah pergerakan orang-orang kelas bawah. Kita meliputi para penganggur, gelandangan, mantan para pelanggar hukum, kaum miskin, dan tertindas. Kita menyambut siapapun mereka yang didiskriminasi, dipinggirkan. Itulah makna sebenarnya demokrasi. Dan kita sedang membangun suatu pergerakan independen yang berjuang untuk demokrasi.

Kita terdiri dari bermacam ragam orang di sini, orang dari berbagai ras, berbagai agama, laki-laki dan perempuan, LGBT dan bukan, orang dari semua umur, berkumpul bersama untuk membangun kekuatan besar melawan keserakahan dan korupsi di Wall Street dan Washington.

Kita tidak memulainya kemarin. Telah lebih dulu protes-protes komunitas dan serikat pekerja seperti Bloombergville yang jatuh pada telinga-telinga tuli. Sekarang kita semakin kuat dari hari kehari. Seluruh dunia sedang menyaksikan: dan serikat-serikat pekerja dan organisasi-organisasi keadilan sosial di Kota New York telah bergabung. Kita mengundang semua orang untuk aksi hari ini menduduki atau kembali ketika kamu bisa.

Kita tahu bahwa saat ini bank-bank dan korporasi mendominasi Amerika. Kita tahu bahwa CEO korporasi dan orang dalam keuangan berkolusi dengan partai Republik dan Demokrat untuk menentukan agenda nasional. Bersama mereka membuat aturan-aturan—dan mereka membuat laba. Kita yang menanggung akibatnya. Waktunya untuk menghentikannya.

Kita butuh suatu distribusi baru terhadap kekayaan di negeri ini. Kita butuh menyediakan pekerjaan untuk semua orang dengan upah layak. Kita butuh pendidikan dan kesehatan gratis untuk semua orang. Dan itu semua bisa dilakukan. Kita harus memulainya dengan mengakhiri perang di Irak dan Afganishtan, bawa pulang semua pasukan, dan tutup ratusan basis militer AS di seluruh dunia. Yang paling penting: kita harus mengubah sistem.

Deklarasi Pendudukan Kota New York yang diadopsi pada 30 September menyatakan korporasi-korporasi sebagai yang bertanggung jawab atas pengangguran, kehilangan rumah, pengrusakan lingkungan, dan imperialisme. Deklarasi menggambarkan kerusakan yang telah dilakukan oleh sistem kapitalis di AS dan di seluruh dunia.

Wall Street adalah syarafnya kapitalime global. Kita disini sekarang menatap laba-laba tepat di matanya, tapi kita tahu masalahnya bukanlah si laba-laba itu, melainkan jaringnya.

Saat ini, secara simbolik kita menyerang jantung dari sistem ini di Wall Street. Di waktu-waktu mendatang, kita harus melanjutkan pembangunan gerakan yang akan dapat mentransformasi sistem ini berdasarkan kesetaraan dan demokrasi. Semua orang di negeri ini—dan oleh sebab itu di seluruh dunia—berhak hidup lebih layak. Institusi-isntitusi keuangan yang berkumpul di sini, di Wall Stret sedang menghalang-halangi jalan menuju kemungkinan itu. Penghalangnya adalah jaring: kapitalisme.

Kita harus menguatkan pergerakan kita. Kekuatan pergerakan ini bukan saja partisipasi individual, namun berkaitan dengan keluarga kita dan kawan-kawan kita, komunitas kita dan tempat kerja kita, serikat pekerja kita, sekolah-sekolah, dan konggregasi agama-agama kita. Kita harus membawa kelompok-kelompok ini bersama sebagai kekuatan sosial dan pergerakan politik berdasarkan solidaritas antara kelas pekerja dan yang tertindas. Bukan politik mereka. Bukan para banker dan bos, Bukan Partai Demokrat dan Partai Republik.

Politik kita adalah politik rakyat yang sadar bahwa sesuatu harus berubah. Pergerakan kita didirikan oleh kaum muda tanpa pekerjaan yang tak mampu melanjutkan sekolah. Ini harus menjadi pergerakan kaum buruh yang kehilangan pekerjaan, keluarga-kelurga yang kehilangan rumahnya, dan orang-orang kulit berwarna yang tak pernah benar-benar mendapatkan kesempatan. Kita bekerja bersama membangun kekuatan menciptakan sistem demokratik yang baru dan mewujudkan keadilan bagi masyarakat kita.

Kami merasa luar biasa dan gembira turut hadir disini. Kami harus belajar dari rakyat Mesir di Tahrir Square, para indignados di plazas of Spain, dan kaum buruh di Wisconsin. Duduki Wall Street telah menjadi pergerakan Pendudukan di seluruh negeri. Kita adalah bagian dari pergerakan internasional untuk demokrasi dan keadilan sosial di seluruh dunia. Kita adalah bagian dari suatu pergerakan baru yang dapat mengubah sejarah dan arah yang sedang dituju dunia ini. Suatu pergerakan yang dapat menyelamatkan planet dan manusianya dengan mendirikan satu sistem yang berbeda.

Di dalam yang “99%”

* Di bulan July, angka pengangguran resmi sebesar 8.2% untuk kulit putih— namun 16.8% kulit Hitam dan 11.3% orang Latin.

* Di 2009, penghasilan rata-rata bersih rumahtangga sebesar $113,149 untuk kulit putih—dan $5,677 kulit Hitam, dan $6,325 orang Latin.

* Di 2009, 15% rumah tangga kulit putih memiliki kekayaan nol atau negatif—namun juga 35% rumah tangga kulit hitam dan 31% rumahtangga Latin.

* Kaum kulit hitam 10% dari penduduk AS—namun 35.4% dari keseluruhan populasi di penjara.

Diterjemahkan dari http://www.solidarity-us.org/current/node/3408


[1] Solidarity adalah organisasi sosialis, feminis dan anti rasis yang independen dan didirikan untuk membentuk regrouping kiri AS, website mereka: http://www.solidarity-us.org

You might also like

2 thoughts on “Solidaritas Bersama Duduki Wall Street!

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *